Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Win Rate bermain MOBA ( ala TipsNgeGame )

Sebenarnya tips ini related juga untuk Game MOBA lainnya, bahkan ini juga related untuk BISNIS! atau perusahaan, kenapa? ya.. ada intinya.

 

Game MOBA saat ini memang menjamur, seperti halnya jamur yang tak dapat dikendalikan pertumbuhannya, cepat sekali merambat.

 

MOBA

 

 

Tetapi apakah semua udah bijak dalam memainkannya juga masih belum merata. Bahkan banyak juga yang berujung pada perkelahian atau pemutusan pertemanan hanya karena GAME MOBILE!

 

Padahal sebenarnya, kau menang atau kalah, itu tidak ada imbasnya terhadap Penyedia Layanan, yang ada adalah, jika kamu kalah terus terusan, maka kamu akan terpicu bermain dan bermain lagi, artinya.. kamu menambah jam tayang.. eh jam aktif.


 


 

RANK hanyalah angka, jika game ditutup.. ya sudah.

 

Jangan sampai hanya karena Game ini, bisa menyebabkan putus pertemanan atau malah permusuhan. "DON'T" 

 

 

 

Gimana sih Bang! tau gak teman se tim itu dia gak bisa main! gak tau ROLE, dan FEEDER!

 

 

Hal ini biasa terjadi di permainan SOLO, artinya kamu tidak party sebagai TIM, kenapa hal ini bisa terjadi? ya jelas, kamu gak kenal dia sebelumnya dan dia gak kenal kamu..

 

Cara mengenalmu adalah dengan kamu menunjukkan gaya permainanmu! itu kuncinya main SOLO.

Anggap aja rekan se timmu itu adalah KARYAWAN baru yang belum mengerti perusahaanmu seperti apa permainannya.

Sehingga kamu hanya perlu memberikannya contoh.

Jika kamu PRO, dan merasa profesional, seharusnya lebih sedikit bicara dan lebih banyak mencontohkan.

 

Jika pas awal PICK, usahakan pilih giliran terakhir, sehingga kamu bisa menyesuaikan.. itu adalah cara bijak, ketimbang kamu mengata ngatain atau membullynya.. karena hal itu menjadi penyebab retaknya TIM!

 

 

 

Wajar Kalah, Ada beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Tim

 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja tim esport, terutama SOLO / kamu tidak party dalam satu tempat, berikut ini merupakan faktor yang tidak bisa kamu sangkal atau jadikan alasan untuk memojokkan orang lain :

 

  1. 1. Tidak semua orang mendapat koneksi internet yang OK Punya,

    nyatanya ada yang PING-nya tidak stabil dan hal itu sulit di prediksi, kecuali memang jika provider sudah memberikan keyakinan bahwa jaringannya 100% mendukung esport dan stabil.

    Tidak bisa dong..

    bisa aja tadi koneksinya bagus, tiba tiba ngedrop.. kenapa? mungkin ada yang tiba tiba menyalakan wifi dengan antena kustom yang mengganggu Sinyal teman se tim mu, hal ini bisa terjadi.. karena konsepnya siapa yang menang dia yang dapet koneksi bagus, dan yang lemah.. ya terganggu ( dari pengamatan pribadi )

    bisa saja karena cuaca yang tiba tiba hujan.. apakah kita bisa menyuruh untuk hujan berhenti? enggak kan?


  2. 2. Hape NGEHANG

    Hal ini juga kadang tidak bisa diprediksi bro, KENAPA? kadang pesan whatsapp yang bertubi tubi pun bisa membuat lag dan akhirnya menyebabkan hang, kalo udah gitu force closed.. kalo udah gitu lagi ada yang restart.

    Marah marah / menyalahkan bukanlah solusi yang tepat, hanya membuang buang energi, misalnya hilang 1 masih ada 4... manfaatkan itu baik baik.. tingkatkan kerjasama tim


  3. 3. Telpon yang tidak dapat diprediksi,

    hal ini sebenarnya dapat diatasi ketika kita setting "jangan ganggu" tetapi kalo lupa, biasanya tiba tiba ada telepon masuk.. bayangkan jika itu telepon Bisnis, atau ada orderan.. pilih mana dong..? ngegame atau terima orderan..


    Hehe, ini agak berat juga sih.. kenapa..? disisi lain meninggalkan tim, apalagi jika kamu adalah pemain terkuat di tim tersebut, secara otomatis, timmu akan kelabakan, tetapi disisi lain kamu juga perlu bijak..


    Karena kalo di reject, hal ini akan memberi respon negatif terhadap pembeli, bisa saja hal ini membuatnya mereview bisnis kamu..


    Hal ini bisa diatasi dengan mengaktifkan "Jangan Ganggu" ketika kamu sedang main.. sehingga, hal ini akan menjadi sangat fair buat keduanya.


  4. 4. Kamu belum menyelesaikan kewajiban UTAMA mu!

    Ini pengalaman pribadi gan, dulu banget, jadi ketika ngegame, dan kamu masih memiliki tanggungan yang belum kamu tunaikan, ini bisa menjadi penyebab kekalahan. Misalnya, jika kamu Muslim, udah masuk waktu sholat, harusnya jangan main! Sholat dulu. Ini akan menjadi hal yang sangat bijak, artinya "GAME tidak mengatur Hidupmu" ingat.. game itu hanyalah sarana Hiburan, bukan segalanya.. ada yang paling Utama.


  5. 5. Terlalu banyak Ngomyang dan memerintah

    Nah, ini merupakan hal yang sangat enggak mengenakkan, ketika dalam satu tim itu ada yang ngomyang mulu, alias, dikit dikit nyuruh ini dan itu.. hal ini mengacaukan tim.. kecuali jika kamu memang ditugaskan sebagai Pemimpin kalo PARTY. Lah ini SOLO... kamu gak tau mereka yang sebenarnya, dan mereka gak tau kamu yang sebenarnya.. daripada melakukan hal seperti itu, mending tunjukkan permainan terbaikmu.


  6. 6. Kamu memilih Hero yang disuruh padahal kamu tidak menguasai

    Nah ini banyak terjadi, hanya untuk melengkapi role, ini berkaitan dengan orang yang suka ngomyang... yup ngomyang di SOLO.

    Ini benar benar mengacaukan.. lebih baik bijaklah untuk "pakailah hero yang kamu bisa memakainya..dan jika kamu memang pro semua role, maka jadilah pemilih terakhir. Hal ini lebih bijak..

    Beda ketika kamu memang party.. sebelumnya ada rapat dulu.. pembagian tugas.. hal ini jauh lebih masuk akal untuk ngomyang... :)

    Kalo memang role jungle belum terisi dan kamu bisa mengisinya.. kenapa tidak.. minimal kamu tau dan mengerti cara jungle.. jika udah ada.. ini penting untuk menambah GOLD tim.


  7. 7. Rekan se tim mu atau pihak lawan ada yang menggunakan Cheat.

    Hal ini biasanya terjadi pada hero  yang efektif jika memahami atau tau map, misal FANNY, maupun JOHNSHON, bisa Juga Ling.. kenapa? karena beberapa hero tersebut memiliki movement yang GG..Tapi bukan berarti ini dijadikan alasan jika memang ada pemain hero tersebut yang benar benar pro / tidak ngecheat.

    Karena pada kenyataan, jika ada dalam 1 team memiliki pemain hero tersebut yang pro, maka bisa membuat tim lawan kuwalahan..

    Johnson misalnya, saya akui menggunakan Johnson bukan perkara mudah, karena jika johnshon menabrak benda.. maka skill mobilnya bakalan berhenti..  FANNY juga merupakan hero susah, karena memang ada permainan timing saat menyerang, saat jungle dan saat mundur.. jadi untuk mendapatkan ritme tersebut bukan perkara mudah.


    Tanda tanda cheat, sebenarnya bisa dilihat ketika sebagian besar di tim itu ping merah, dan permainan seperti kurang wajar, alias yang lain ngelag, tetapi dia tidak dan malah GG.

    tetapi kalo cuman seorang aja ya.. tidak bisa dijadikan tolok ukur... karena bisa aja koneksinya sedang tidak stabil.

    Heha, ini permainan bro, astaga... ngapain pakai Cheat? karena bosan kalah mulu.. atau pengen cepet naik rank :)

    Kalo pengen cepet naik RANK, jangan SOLO, buat TIM SOLID.. karena hal ini tidak merusak permainan..

    Kalo di sistem sudah dapat mendeteksi hal ini, jadi langsung auto kill / pertandingan langsung tidak dihitung dan pemain yang memakai cheat akan langsung kena strike 1, tidak bisa bermain selama 1 bulan.. ini akan lebih bijak.. ( Masukan sih buat developer ) hehe, ini nanti bakalan jadi ulasan positif loh bagi komunitas, sehingga benar benar tidak ada yang dirugikan akibat ulah cheater..


    Karena sebenarnya itu bukan karena dia tau map atau apalah yang merusak permainan, melainkan biasanya akan membuat ping terganggu.. dan pertandingan tidak maksimal..

 

 

 

Mungkin masih banyak Faktor lain yang bisa jadi kamu tau, silahkan sematkan di Kotak Komentar.


 

 

 

Tips Meningkatkan Win Rate bermain MOBA

 


1. Perhatikan Role yang Ada


Terutama Jungler, ini pengaruh banget terhadap jumlah gold tim, kenapa? karena kita tahu ada 3 sisi ( atas, tengah dan bawah.. ) ketika atas dan bawah terisi 2 orang.. tengah 1 orang, hal ini sangat efektif untuk merampas gold

artinya sebenarnya ada 4 bukan 3 tempat untuk mendapat gold

1 atas, bawah, tengah dan hutan / jungle
Jungle itu cukup 1 orang saja, sehingga yang lain bisa mendapatkan gold dari jalur atas, tengah dan bawah. Bisa juga mengacaukan jungle lawan, karena secara logika, atas ada 2 orang, dan bawah ada 2 orang, 2vs1 jika yang jugle itu sendirian..

sehingga semakin banyak gold yang didapat semakin cepat pula tim berkembang.



2. Yang namanya tim, tidak masalah jika ada 1 orang yang gagal, jangan terintimidasi untuk menyalahkan kecuali disengaja atau feeder.


Karena banyak hal yang bisa terjadi. 

Terbukti jika ada dalam satu tim orang yang rese, gampang menyalahkan, biasanya berujung pada kegagalan dan keretakan tim, dan orang yang disalahkan jika tidak dapat mengontrol emosi atau bersikap bijak dan tenang, akan terpancing dan berujung feeder.

Ini hanyalah permainan bro! jangan terpedaya kayak gitu.. jika hal ini diterapkan pada perusahaan.. udah deh.. tunggu bangkrutnya aja.



Pemimpin itu harus sadar hal ini.. yang dipimpin pun juga harus sadar.. artinya saling menyadari nanti bakalan sukses!



3. Pastikan Koneksi Internet lancar Sebelum Bermain, kalo ternyata memang tersendat di tengah pertandingan.. ya udah.. Yang penting kamu udah memastikan koneksi Internet


4. Jangan NGOTOT, this is just game, Relax.. ketika kamu rileks dari pada nyalah nyalahin anggota tim lainnya, kamu kemungkinan besar bisa MVP, dan itu bagus untuk statistik game kamu


5. Inget Waktu bro! Kalo main jangan ngedur! seakan akan NO GAME NO LIFE. 


6. Tugas Utama Kamu bukan NGEGAME


7. Pertemanan lebih penting ketimbang GAME, ketika kamu menganggap game tidak terlalu penting, kemungkinan besar kamu akan bisa berada dalam keseimbangan yang malah dapat memacu kemampuan kamu ( Semakin kamu nge3dur main game dan menang, kamu bakalan dibuat bertemu tim yang susah dengan teman parti yang sebelumnya kalah mulu..  ) hal ini dari pengamatan saya ketika SOLO. jadi kasihlah JEDA.


8. Aturlah Peralatan sebelum tanding, kita tau kan kalo di MOBA Mobile itu kebanyakan kita bisa ngatur TEMPLATE SENJATA yang akan di gunakan.. walaupun di tengah tengah pertandingan, kita bisa mngaturnya ulang menyesuaikan kondisi tim lawan.


9. Atur Solidaritas Tim, dengan saling menyapa misalnya.. itu akan menambah Chemistry.

 

10. Jika pengen WINRATE Stabil, buatlah TIM sesuai Slot, misalnya 5vs5 ya, satu tim ada 5 orang, latian bareng, main bareng.. itu bakalan naikin winrate :) 





Sekian TipsNgegame kali ini, saya harap ada manfaatnya.



Jya!



KS_




Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Win Rate bermain MOBA ( ala TipsNgeGame )"